https://www.freepik.com/ |
Pengelolaan Media Massa dalam Jaringan/Online
Pengertian
manajemen media online adalah
suatu proses pengelolaan media online secara efektif dan efisien dengan
memanfaatkan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan.
a. Elemen Manajemen Media Online
Dari berbagai rujukan mengatakan bahwa kegiatan manajemen media online
ini dapat diklasifikasikan dalam tiga bagian, yaitu:
1.
Manajemen Konten Media Online
Secara umum, yang dimaksud dengan konten media online adalah isi atau
pesan dari informasi yang disampaikan. Jadi,
manajemen konten media online adalah salah satu bagian dari perusahaan yang
bertugas untuk mengelola isi atau pesan yang disampaikan melalui internet. Pada divisi ini terdiri dari; penulis, reporter/
fotografer, redaktur/ editor, pemimpin redaksi, kontributor dan koresponden.
2.
Manajemen Desain Media Online
Desain media online ini berhubungan dengan tampilan website dan berbagai
elemen di dalamnya. Beberapa hal penting dalam penerapan desain media online
yang baik, yaitu:
·
Loading cepat/ Ringan (fast loading)
·
Tampilan bersih (clean)
·
Ramah bagi pengguna (user friendly)
·
Desain mobile responsif (mobile friendly)
·
Ramah mesin pencari (SEO friendly)
Divisi yang menangani desain media online ini adalah web desainer atau
web developer. Biasanya bagian web desainer ini bekerja sama dengan divisi lain
(pemasaran dan konten) agar desain website yang dihasilkan dapat memenuhi
kriteria tertentu.
3.
Manajemen Pemasaran Media Online
Pemasaran media online merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis atau
perusahaan. Pemasaran ini bisa dalam bentuk offline maupun
online. Manajemen pemasaran media online ini biasanya meliputi:
·
Social
Media Marketing (SMM) dan Social Media Optimization
·
Search
Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)
·
Email marketing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar